Iwan Awaluddin Yusuf[1]
Follow me @IwanAwaluddin
Istilah kelompok diskusi terarah atau dikenal sebagai Focus Group Discussion (FGD) saat ini sangat populer dan banyak digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam penelitian sosial. Pengambilan data kualitatif melalui FGD dikenal luas karena kelebihannya dalam memberikan kemudahan dan peluang bagi peneliti untuk menjalin keterbukaan, kepercayaan, dan memahami persepsi, sikap, serta pengalaman yang dimiliki informan. FGD memungkinkan peneliti dan informan berdiskusi intensif dan tidak kaku dalam membahas isu-isu yang sangat spesifik. FGD juga memungkinkan peneliti mengumpulkan informasi secara cepat dan konstruktif dari peserta yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Di samping itu, dinamika kelompok yang terjadi selama berlangsungnya proses diskusi seringkali memberikan informasi yang penting, menarik, bahkan kadang tidak terduga.
Hasil FGD tidak bisa dipakai untuk melakukan generalisasi karena FGD memang tidak bertujuan menggambarkan (representasi) suara masyarakat. Meski demikian, arti penting FGD bukan terletak pada hasil representasi populasi, tetapi pada kedalaman informasinya. Lewat FGD, peneliti bisa mengetahui alasan, motivasi, argumentasi atau dasar dari pendapat seseorang atau kelompok. FGD merupakan salah satu metode penelitian kualitatif yang secara teori mudah dijalankan, tetapi praktiknya membutuhkan ketrampilan teknis yang tinggi.
Tulisan ini merupakan panduan sederhana dalam menyelenggarakan FGD dengan menggabungkan pendekatan teoritis dan praktis. Pertama-tama akan diuraikan basis teoritis FGD, mulai dari penjelasan soal konsep FGD, teknik penentuan jumlah kelompok, tata ruang, membuat panduan diskusi, pelaksanaan, hingga analisis data dan penulisan laporan.
Pengertian FGD
FGD secara sederhana dapat didefinisikan sebagai suatu diskusi yang dilakukan secara sistematis dan terarah mengenai suatu isu atau masalah tertentu. Irwanto (2006: 1-2) mendefinisikan FGD adalah suatu proses pengumpulan data dan informasi yang sistematis mengenai suatu permasalahan tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok.
Sesuai namanya, pengertian Focus Group Discussion mengandung tiga kata kunci: a. Diskusi (bukan wawancara atau obrolan); b. Kelompok (bukan individual); c. Terfokus/Terarah (bukan bebas). Artinya, walaupun hakikatnya adalah sebuah diskusi, FGD tidak sama dengan wawancara, rapat, atau obrolan beberapa orang di kafe-kafe. FGD bukan pula sekadar kumpul-kumpul beberapa orang untuk membicarakan suatu hal. Banyak orang berpendapat bahwa FGD dilakukan untuk mencari solusi atau menyelesaikan masalah. Artinya, diskusi yang dilakukan ditujukan untuk mencapai kesepakatan tertentu mengenai suatu permasalahan yang dihadapi oleh para peserta, padahal aktivitas tersebut bukanlah FGD, melainkan rapat biasa. FGD berbeda dengan arena yang semata-mata digelar untuk mencari konsensus.
Sebagai alat penelitian, FGD dapat digunakan sebagai metode primer maupun sekunder. FGD berfungsi sebagai metode primer jika digunakan sebagai satu-satunya metode penelitian atau metode utama (selain metode lainnya) pengumpulan data dalam suatu penelitian. FGD sebagai metode penelitian sekunder umumnya digunakan untuk melengkapi riset yang bersifat kuantitatif dan atau sebagai salah satu teknik triangulasi. Dalam kaitan ini, baik berkedudukan sebagai metode primer atau sekunder, data yang diperoleh dari FGD adalah data kualitatif.
Di luar fungsinya sebagai metode penelitian ilmiah, Krueger & Casey (2000: 12-18) menyebutkan, FGD pada dasarnya juga dapat digunakan dalam berbagai ranah dan tujuan, misalnya (1) pengambilan keputusan, (2) needs assesment, (3) pengembangan produk atau program, (4) mengetahui kepuasan pelanggan, dan sebagainya.
Kapan FGD Harus Digunakan?
FGD harus dipertimbangkan untuk digunakan sebagai metode penelitian sosial jika:
- Peneliti ingin memperoleh informasi mendalam tentang tingkatan persepsi, sikap, dan pengalaman yang dimiliki informan.
- Peneliti ingin memahami lebih lanjut keragaman perspektif di antara kelompok atau kategori masyarakat.
- Peneliti membutuhkan informasi tambahan berupa data kualitatif dari riset kuantitatif yang melibatkan persoalan masyarakat yang kompleks dan berimplikasi luas.
- Peneliti ingin memperoleh kepuasan dan nilai akurasi yang tinggi karena mendengar pendapat langsung dari subjek risetnya.
Kapan FGD Tidak Diperlukan?
FGD harus dipertimbangkan untuk tidak digunakan sebagai metode penelitian sosial jika:
- Peneliti ingin memperoleh konsensus dari masyarakat/peserta
- Peneliti ingin mengajarkan sesuatu kepada peserta
- Peneliti akan mengajukan pertanyaan “sensitif” yang tidak akan bisa di-share dalam sebuah forum bersama kecuali jika pertanyaan tersebut diajukan secara personal antara peneliti dan informan.
- Peneliti tidak dapat meyakinkan atau menjamin kerahasiaan diri informan yang berkategori “sensitif”.
- Metode lain dapat menghasilkan kualitas informasi yang lebih baik
- Metode lain yang lebih ekonomis dapat menghasilkan informasi yang sama.
Meskipun terlihat sederhana, menyelenggarakan suatu FGD yang hanya berlangsung 1 -3 jam, memerlukan persiapan, kemampuan, dan keahlian khusus. Ada prosedur dan standar tertentu yang harus diikuti agar hasilnya benar dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Mengapa FGD?
Irwanto (2006: 3- 6) mengemukakan tiga alasan perlunya melakukan FGD, yaitu alasan filosofis, metodologis, dan praktis.
- Alasan Filosofis
- Pengetahuan yang diperoleh dalam menggunakan sumber informasi dari berbagai latar belakang pengalaman tertentu dalam sebuah proses diskusi, memberikan perspektif yang berbeda dibanding pengetahuan yang diperoleh dari komunikasi searah antara peneliti dengan responden.
- Penelitian tidak selalu terpisah dengan aksi. Diskusi sebagai proses pertemuan antarpribadi sudah merupakan bentuk aksi .
- Alasan Metodologis
- Adanya keyakinan bahwa masalah yang diteliti tidak dapat dipahami dengan metode survei atau wawancara individu karena pendapat kelompok dinilai sangat penting.
- Untuk memperoleh data kualitatif yang bermutu dalam waktu relatif singkat.
- FGD dinilai paling tepat dalam menggali permasalahan yang bersifat spesifik, khas, dan lokal. FGD yang melibatkan masyarakat setempat dipandang sebagai pendekatan yang paling sesuai.
- Alasan Praktis
Penelitian yang bersifat aksi membutuhkan perasaan memiliki dari objek yang diteliti- sehingga pada saat peneliti memberikan rekomendasi dan aksi, dengan mudah objek penelitian bersedia menerima rekomendasi tersebut. Partisipasi dalam FGD memberikan kesempatan bagi tumbuhnya kedekatan dan perasaan memiliki.
Menurut Koentjoro (2005: 7), kegunaan FGD di samping sebagai alat pengumpul data adalah sebagai alat untuk meyakinkan pengumpul data (peneliti) sekaligus alat re-check terhadap berbagai keterangan/informasi yang didapat melalui berbagai metode penelitian yang digunakan atau keterangan yang diperoleh sebelumnya, baik keterangan yang sejenis maupun yang bertentangan.
Dari berbagai keterangan di atas, dapat disimpulkan dalam kaitannya dengan penelitian, FGD berguna untuk:
a) Memperoleh informasi yang banyak secara cepat;
b) Mengidentifikasi dan menggali informasi mengenai kepercayaan, sikap dan perilaku kelompok tertentu;
c) Menghasilkan ide-ide untuk penelitian lebih mendalam; dan
d) Cross-check data dari sumber lain atau dengan metode lain.
Persiapan dan Desain Rancangan FGD
Sebagai sebuah metode penelitian, pelaksanaan FGD memerlukan perencanaan matang dan tidak asal-asalan. Untuk diperlukan beberapa persiapan sebagai berikut: 1) Membentuk Tim; 2) Memilih Tempat dan Mengatur Tempat; 3) Menyiapkan Logistik; 4 Menentukan Jumlah Peserta; dan 5) Rekruitmen Peserta.
1) Membentuk Tim
Tim FGD umumnya mencakup:
- Moderator, yaitu fasilitator diskusi yang terlatih dan memahami masalah yang dibahas serta tujuan penelitian yang hendak dicapai (ketrampilan substantif), serta terampil mengelola diskusi (ketrampilan proses).
- Asisten Moderator/co-fasilitator, yaitu orang yang intensif mengamati jalannya FGD, dan ia membantu moderator mengenai: waktu, fokus diskusi (apakah tetap terarah atau keluar jalur), apakah masih ada pertanyaan penelitian yang belum terjawab, apakah ada peserta FGD yang terlalu pasif sehingga belum memperoleh kesempatan berpendapat.
- Pencatat Proses/Notulen, yaitu orang bertugas mencatat inti permasalahan yang didiskusikan serta dinamika kelompoknya. Umumnya dibantu dengan alat pencatatan berupa satu unit komputer atau laptop yang lebih fleksibel.
- Penghubung Peserta, yaitu orang yang mengenal (person, medan), menghubungi, dan memastikan partisipasi peserta. Biasanya disebut mitra kerja lokal di daerah penelitian.
- Penyedia Logistik, yaitu orang-orang yang membantu kelancaran FGD berkaitan dengan penyediaan transportasi, kebutuhan rehat, konsumsi, akomodasi (jika diperlukan), insentif (bisa uang atau barang/cinderamata), alat dokumentasi, dll.
- Dokumentasi, yaitu orang yang mendokumentasikan kegiatan dan dokumen FGD: memotret, merekam (audio/video), dan menjamin berjalannya alat-alat dokumentasi, terutama perekam selama dan sesudah FGD berlangsung.
- Lain-lain jika diperlukan (tentatif), misalnya petugas antar-jemput, konsumsi, bloker (penjaga “keamanan” FGD, dari gangguan, misalnya anak kecil, preman, telepon yang selalu berdering, teman yang dibawa peserta, atasan yang datang mengawasi, dsb)
2) Memilih dan Mengatur Tempat
Pada prinsipnya, FGD dapat dilakukan di mana saja, namun seyogianya tempat FGD yang dipilih hendaknya merupakan tempat yang netral, nyaman, aman, tidak bising, berventilasi cukup, dan bebas dari gangguan yang diperkirakan bisa muncul (preman, pengamen, anak kecil, dsb). Selain itu tempat FGD juga harus memiliki ruang dan tempat duduk yang memadai (bisa lantai atau kursi). Posisi duduk peserta harus setengah atau tiga perempat lingkaran dengan posisi moderator sebagai fokusnya. Jika FGD dilakukan di sebuah ruang yang terdapat pintu masuk yang depannya ramai dilalui orang, maka hanya moderator yang boleh menghadap pintu tersebut, sehingga peserta tidak akan terganggu oleh berbagai “pemandangan” yang dapat dilihat diluar rumah.
Jika digambarkan, layout ruang diskusi dapat dilihat sebagai berikut:
(Irwanto, 2006: 68)
3) Menyiapkan Logistik
Logistik adalah berbagai keperluan teknis yang dipelukan sebelum, selama, dan sesudah FGD terselenggara. Umumnya meliputi peralatan tulis (ATK), dokumentasi (audio/video), dan kebutuhan-kebutuhan peserta FGD: seperti transportasi; properti rehat: alat ibadah, konsumsi (makanan kecil dan atau makan utama); insentif; akomodasi (jika diperlukan); dan lain sebagainya.
Insentif dalam penyelenggaraan FGD adalah suatu hal yang wajar diberikan. Selain sebagai strategi untuk menarik minat peserta, pemberian insentif juga merupakan bentuk ungkapan terimakasih peneliti karena peserta FGD bersedia meluangkan waktu dan pikiran untuk mencurahkan pendapatnya dalam FGD. Jika perlu, sejak awal, dicantumkan dalam undangan mengenai intensif apa yang akan mereka peroleh jika datang dan aktif dalam FGD. Mengenai bentuk dan jumlahnya tentu disesuaikan dengan sumberdaya yang dimiliki peneliti. Umumnya insentif dapat berupa sejumlah uang atau souvenir (cinderamata).
4). Jumlah Peserta
Dalam FGD, jumlah perserta menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan. Menurut beberapa literatur tentang FGD (lihat misalnya Sawson, Manderson & Tallo, 1993; Irwanto, 2006; dan Morgan D.L, 1998) jumlah yang ideal adalah 7 -11 orang, namun ada juga yang menyarankan jumlah peserta FGD lebih kecil, yaitu 4-7 orang (Koentjoro, 2005: 7) atau 6-8 orang (Krueger & Casey, 2000: 4). Terlalu sedikit tidak memberikan variasi yang menarik, dan terlalu banyak akan mengurangi kesempatan masing-masing peserta untuk memberikan sumbangan pikiran yang mendalam. Jumlah peserta dapat dikurangi atau ditambah tergantung dari tujuan penelitian dan fasilitas yang ada.
5). Rekruitmen Peserta: Homogen atau Heterogen?
Tekait dengan homogenitas atau heterogenitas peserta FGD, Irwanto (2006: 75-76) mengemukakan prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Pemilihan derajat homogenitas atau heterogenitas peserta harus sesuai dengan tujuan awal diadakannya FGD.
- Pertimbangan persoalan homogenitas atau heterogenitas ini melibatkan variabel tertentu yang diupayakan untuk heterogen atau homogen. Variabel sosio-ekonomi atau gender boleh heterogen, tetapi peserta itu harus memahami atau mengalami masalah yang didiskusikan. Dalam mempelajari persoalan makro seperti krisis ekonomi atau bencana alam besar, FGD dapat dilakukan dengan peserta yang bervariasi latar belakang sosial ekonominya, tetapi dalam persoalan spesifik, seperti perkosaan atau diskriminasi, sebaiknya peserta lebih homogen.
- Secara mendasar harus disadari bahwa semakin homogen sebenarnya semakin tidak perlu diadakan FGD karena dengan mewawancarai satu orang saja juga akan diperoleh hasil yang sama atau relatif sama.
- Semakin heterogen semakin sulit untuk menganalisis hasil FGD karena variasinya terlalu besar.
- Homogenitas-heterogenitas tergantung dari beberapa aspek. Jika jenis kelamin, status sosial ekonomi, latar belakang agama homogen, tetapi dalam melaksanakan usaha kecil heterogen, maka kelompok tersebut masih dapat berjalan dengan baik dan FGD masih dianggap perlu.
- Pertimbangan utama dalam menentukan homogenitas-heterogenitas adalah ciri-ciri mana yang harus/boleh/tidak boleh heterogen dan ciri-ciri mana yang harus/boleh/tidak boleh homogen.
Menyusun Pertanyaan FGD
Kunci dalam membuat panduan diskusi yang terarah adalah membuat pertanyaan-pertanyaan kunci sebagai panduan diskusi. Untuk mengembangkan pertanyaan FGD, lakukan hal-hal berikut:
– Baca lagi tujuan penelitian
– Baca lagi tujuan FGD
– Pahami jenis informasi seperti apa yang ingin Anda dapatkan dari FGD
– Bagaimana Anda akan menggunakan informasi tersebut
– Tulis pertanyaan umum ke khusus. Sebaiknya jangan lebih dari 5 (lima) pertanyaan inti.
– Rumuskan pertanyaan dalam bahasa yang sederhana dan jelas. Hindari konsep besar yang kabur maknanya.
– Uji pertanyaan-pertanyaan tersebut pada teman-teman dalam tim Anda.
Berbeda dengan wawancara, dalam FGD moderator tidaklah selalu bertanya. Bahkan semestinya tugas moderator bukan bertanya, melainkan mengemukakan suatu permasalahan, kasus, atau kejadian sebagai bahan pancingan diskusi. Dalam prosesnya memang ia sering bertanya, namun itu dilakukan hanya sebagai ketrampilan mengelola diskusi agar tidak didominasi oleh sebagian peserta atau agar diskusi tidak macet (Irwanto, 2006: 2)
Pelaksanaan FGD
Keberhasilan pelaksanaan FGD sangat ditentukan oleh kecakapan moderator sebagai “Sang Sutradara”. Peran Moderator dalam FGD dapat dilihat dari aktivitas utamanya, baik yang bersifat pokok (secara prosedural pasti dilakukan) maupun yang tentatif (hanya diperlukan jika memang situasi menghendaki demikian). Peran-peran tersebut adalah (a) membuka FGD, (b) meminta klarifikasi, (c) melakukan refleksi, (d) memotivasi, (e) probing (penggalian lebih dalam), (f) melakukan blocking dan distribusi (mencegah ada peserta yang dominan dan memberi kesempatan yang lain untuk bersuara), (g) reframing, (h) refokus, (i) melerai perdebatan, (j) memanfaatkan jeda (pause), (k) menegosiasi waktu, dan (l) menutup FGD.
Dalam pelaksanaan FGD, kunci utama agar proses diskusi berjalan baik adalah permulaan. Untuk membuat suasana akrab, cair, namun tetap terarah, tugas awal moderator terkait dengan permulaan diskusi yaitu (1) mengucapkan selamat datang, (2) memaparkan singkat topik yang akan dibahas (overview), (3) membacakan aturan umum diskusi untuk disepakati bersama (atau hal-hal lain yang akan membuat diskusi berjalan mulus), dan (4) mengajukan pertanyaan pertama sebagai panduan awal diskusi. Untuk itu usahakan, baik pertanyaan maupun respon dari jawaban pertama tidak terlalu bertele-tele karena akan menjadi acuan bagi efisisensi proses diskusi tersebut.
Analisis Data dan Penyusunan Laporan FGD
Analisis data dan Penulisan Laporan FGD adalah tahap akhir dari kerja keras peneliti. Langkah-langkahnya dapat ditempuh sebagai berikut:
1. Mendengarkan atau melihat kembali rekaman FGD
2. Tulis kembali hasil rekaman secara utuh (membuat transkrip/verbatim)
3. Baca kembali hasil transkrip
4. Cari mana masalah-masalah (topik-topik) yang menonjol dan berulang-ulang muncul dalam transkrip, lalu kelompokan menurut masalah atau topik. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan oleh dua orang yang berbeda untuk mengurangi “bias” dan “subjektifitas”. Pengkategorian bisa juga dilakukan dengan mengikuti Topik-topik dan subtopik dalam Panduan diskusi. Jangan lupa merujuk catatan yang dibuat selama proses FGD berlangsung.
5. Karena berhubungan dengan kelompok, data-data yang muncul dalam FGD biasanya mencakup:
a. Konsensus
b. Perbedaan Pendapat
c. Pengalaman yang Berbeda
d. Ide-ide inovatif yang muncul, dan sebagainya.
6. Buat koding dari hasil transkripsi menurut pengelompokan masalah/topik, misalnya tentang Permasalahan Kesehatan Reproduksi Remaja dibuat kode:
Kode 1 untuk perilaku seks remaja
Bisa dipecah lagi menjadi:
Kode 1a : aturan/nilai-nilai menyangkut perilaku seks remaja
Kode 1b : pengalaman seksual
Kode 2 untuk masalah kesehatan reproduksi remaja,
Bisa dipecah lagi:
Kode 2a : masalah tiadanya informasi kesehatan reproduksi
Kode 2b : masalah tidak adanya pelayanan untuk remaja, dst
Kode 3 untuk kebutuhan remaja
Menurut Irwanto (2006: 82-86), dalam melakukan analisis FGD, perlu diperhatikan hal-hal berikut:
- Periksa dahulu, apakah tujuan FGD tercapai—antara lain terlihat dari jumlah pertanyaan yang ditanyakan (dieksekusi) apakah sesuai dengan rencana awal?
- Adakah perubahan dalam tujuan FGD yang terjadi karena input dari peserta?
- Identifikasi masalah utama yang dikemukakan oleh peserta. Untuk itu perhatikan tema sentral dalam TOR FGD.
- Adakah variasi peserta dalam persoalan utama ini? Bagaimana variasinya? Mengapa? (Perbedaan-perbedaan yang muncul tersebut ada yang sangat ekstrim sampai yang hanya berbeda sedikit saja. Jika perbedaan ini timbul, keduanya harus disajikan dalam laporan.
- Selain persoalan utama itu, adakah persoalan lain (tema-tema lain) yang muncul dalam diskusi? Apa saja? Mana yang relevan dengan tujuan FGD?
- Buatlah suatu kerangka prioritas dari persoalan-persoalan yang muncul. Dengan melihat sumber daya peneliti dan stakeholders, pilihlah masalah-masalah apakah dapat diselesaikan dapat diselsaikan dalam jangka waktu pendek atau panjang. Selain itu coba dipilih persoalan yang tidak kunung selesai, misalnya yang menyangkut perubahan apda tingkat makro (terutama struktur ekonomi dan politik).
- Lakukan koding sesuai dengan faktor-faktor yang dikehendaki.
Setelah pekerjaan di atas selesai, baru hasilnya dituliskan atau dilaporkan dengan cara berikut:
- Tuliskan topik-topik/masalah-masalah yang ditemukan dari hasil FGD. Setelah itu tuliskan juga “kutipan-kutipan langsung” (apa kata orang yang berdiskusi) mengenai masalah tersebut
- Bahas topik-topik atau masalah-masalah yang diungkapkan bersama tim peneliti. Lakukan topik demi topik, sampai semua topik/masalah penting selesai dilaporkan dan dibahas.
Tidak boleh dilupakan, keseluruhan laporan FGD harus memuat poin-poin berikut ini: (a) identitas subjek (untuk kasus tertentu diperlukan deskripsi subjek, bisa ditulis dalam lampiran); (b) tujuan FGD; (c) bentuk FGD; (d) waktu FGD; (e) tempat berlangsungnya FGD; (f) alat bantu dalam FGD; (g) berapa kali dilakukan FGD; (h) tema-tema atau temuan penting dalam FGD, (i) kendala-kendala selama proses FGD; (j) pemahaman-pemaknaan FGD; dan (k) pembahasan hasil FGD.
Catatan Penting:
- Perlu diingat bahwa jika dalam sebuah wawancara pribadi, peneliti dihadapkan pada data individual—bukan sebuah proses kelompok—maka dalam FGD peneliti akan memperoleh data individu sekaligus kelompok.
- Semua pekerjaan, mulai dari mengumpulkan data, membahas hasil, mencari topik yang penting dalam transkrip, membahas kembali topik-topik itu, sampai menuliskan laporan harus dilakukan dengan tim atau paling tidak berpasangan untuk menghindari pendapat subjektif pribadi. Bila dilakukan dalam tim maka laporan bisa mendekati keutuhan karena berbagai pandangan saling melengkapi.
[1] Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia, peneliti di Pusat Kajian Media dan Budaya Populer (PKMBP) dan Pemantau Regulasi dan Regulator Media (PR2MEDIA)Yogyakarta.
kalo pake FGD ini judul skripsi saya mesti gimana pak?
obyeknya film “alangkah Lucunya”(negeri ini)
saya sangat mengharap bantuan bapak
terima kasih
wah lengkap banget pak :) bisa dipake buat referensi nih.. :D
@ Eya dan Fleur: Sipp. Senang jika artikel ini bisa membantu…
Salam.
artikel yang sangat menarik mas. untuk penelusuran referensi, apakah ada info referensi buku secara lengkap dari yang mas pakai dalam menulis ini, terutama penulis Indonesia. terimakasih infonya.
Ada bnyk buku ttg FGD..sebagimana aretikel lain di blog ini sengaja tidak sy tuliskan lengkap referensinya sbg daftar pustaka..hanya sbg bodynote dg tujuan spy pembaca bs menelusuri lbh lanjut dan untuk menghindari replikasi utuh (bbrp kasus terjadi, trtm yg sy temukan pd mahasiswa sy)..
Untuk referensi ttg FGD berbahasa Indonesia antara lain buku sy sendiri (2007) yg diterbitkan PKMBP, Puji Rianto (2011) diterbitkan RRI dan PKMBP, Irwanto (2006) yg diterbitkan obor, dan bbrp buku lain yg biasanya menjadi subbab di buku2 metode penelitian. Semoga membantu.
Terimakasih atas makalah ini sehingga pemahaman tentang FGD ini tambah jelas, semoga bapak tidak bosan-bosannya untuk memberikan pencerahan bagi dunia pendidikan. Selamat berkarya semoga tambah sukses amin.
Terima kasih kunjungan dan apresianya Bu Mujiasih. Alhamdulillah jika bermanfaat. Salam.
Mohon maaf, buku pak iwan yang tentang FGD judulnya apa ya? bisa saya dapat dimana? butuh untuk literatur, trimakasih
makasih penjelasannya ttg fgd semoga menjadi amal jariah mas iwan, bukunya bisa didapatkan dimana?
Pak Iwan, mohon maaf sebelumnya. Sya inging memndapatkan buku lengkap tentang FGD. Karena saya ingin menggunakan metode ini. Buku apa yang lengkap dan sangat disarankan bagi pemula. Trimakasih Pak
mas minta daftar pustakanya dong hehehe
Pak Iwan, maturnuwun sanget sharing ilmu ttg FGD nya.Setelah andi membaca metode FGD tsb, maka saya baru dpt pandangan mengenai tata cara menerapkan FGD.
Mhn ijin utk diskusi, boleh pak Iwan?
[Ask 1]
andi ingin tny, apabila topik yg diangkat mengenai rating suatu produk X dengan mesin/hardware nya yg sedikit dirubah2, berarti saat FGD berlangsung, peneliti juga menyodorkan list produk X tsb utk diberi penilaian ya (asumsi 0: kualitas jelek, 10: kualitas terbaik)?Apakah saat FGD diperkenankan menyebar kuisioner rating spt itu?Atau justru malah mengganggu alur diskusi yg dipimpin moderator?
[Share 2]
Setiap percakapan dari masing2 peserta, harus terecord dgn baik ya pak?sbg hasil analisis kita nantinya…
Maturnuwun utk sharing dan jawaban nya ya pak Iwan.
Warm Regards,
Andi Bagus Ruhendra,S.Kom.
Dear Mas Andi, sy coba jawab.
[1]
Peserta yang diminta mengisi list dsb sebaiknya tidak dalam forum FGD (tematik)nya. Apalagi jika fokusnya adalah pendalaman opini peserta terhadap sebuah produk.
Namun demikian boleh saja dalam rangkaian FGD (pra FGD atau sesudah FGD diberikan kuesioner untuk diisi, tergantung kebutuhan). Tapi ini berdiri sendiri sebagai metode survei. Rating yang Mas Andi maksudnya sendiri lebih condong ke kuantitatif, sementara dalam FGD eksplorasi kualitatif lebih mendalam.
[2]
Iya harus terekam dan terdokumentasikan, akrena secara metodologis, semua percakapan harus terekam apa adanya (disebut verbatim) yang menggambarkan dinamika diskusi.
Salam
ass wr wb pak iwan…..
terlbh dulu perkenalkan saya AKBP Firdaus bekerja di Pld Jambi sbg Wadir Binmas….sangat tertarik sekali dengan FGD dimana sy pikir terkait sekali dng tugas sy di Binmas yg mana merupakan fungsi pre-emtif di kepolisian
sy mau tanya bgmn caranya FGD ini dpt digunakan utk memecahkan permasalahan sosial yg ada di masyarakat ? ini mgkn mrpkan pengembangan suatu ide kreatif inovatif utk memecahkan permasalahan sosial yg ada dlm masyarakat dng cara melaks FGD,
selain pedoman yg tlh disampaikan diatas mgkn ada pedoman lain yg bisa digunakan, trm ksh sblmnya…..
kalau tdk keberatan mgkn p iwan bs berikan contact person utk diskusikan mslh tsb diatas……trm ksh
wass……
Waswrwb.
Salam kenal juga.
Ya, FGD bisa digunakan untuk membuat instrumen kebijakan dan menemukan “ide kreatif” sebagaimana Bapak maksud.
Silakan diskusi tentang FGD di blog ini. Insya Allah akan saya usahakan jawab semua pertanyaan.
Trims.
Mas Iwan, terimakasih tulisan tentang FGDnya. Sangat membantu sekali untuk memahami apa itu FGD beserta tahapannya.
Rintakasari V.A.P: Ok Sama2. thx berkunjung ke blog ini.
wah lengkap banget artikelnya pak cuma sayang referensinya tidak dicantumkan. akan lebih baik jika referensinya dicantumkan/
Terimakasih Bli Oka..Ada kok, referensi sangat lengkap di bodynotenya..Tapi memang sengaja tidak saya list daftar pustakanya..untuk menghindari plagiasi dan copy paste tulisan sy ini tanpa membaca buku aslinya.
Sbgmn seringkali terjadi replikasi tdk bertanggung jawab jika sy cantumkan semua.
Salam.
assalamualaikum, pak kalo boleh tau informasi ini bisa didapatkan dibuku apa ya? kebetulan judul skripsi saya membutuhkan refrensi tentang tinjauan teori FGD sebgai metode sekunder .. saya juga ingin menanyakan jika judul skripsi saya ” pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode FGD terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang seks bebas di SMA” itu nanti dilakukan FGD yang seperti apa ? mohon informasinya ya pak ;)
boleh saya minta daftar pustaka nya mas iwan awaludin
Dear Mas Iwan, Artikelnya bagus… bisa diterapkan di kantor saya… thanks
Hai Mbak Oky…Alhamdulillah jika bermanfaat. Salam.
Boleh minta nama buku dan pengarang dari rujukannya?? terimakasih
izin copas utk bahan pembelajaran pribadi ya Pak :)
artikel bapak sangat bagus, sy ingin tanyakan apakah FGD bs dterpkan untuk research yg ditujukan untuk siswa sekolah?
@ Diah: Sudah ada di salah satu jawaban comment saya.
@ Rizal: Silakan dengan senang hati.
@ Raudhah: FGB sangat bisa dan sesuai untuk keperluan tsb.
Salam kenal mas Iwan. Saat ini saya sedang mengambil S2 di Magister Desain ITB dan sedang menyusun tesis dengan rumusan judul WACANA VISUAL ILUSTRASI PADA RUBRIK OPINI KOMPAS PERIODE 2011. Saya memfokuskan diri dalam mencari Wacana dalam visual yang berhubungan dengan Opini KORUPSI. Nah untuk mengumpulkan data saya disuruh menggunakan FGD, dan saya belum terlalu paham dengan metode tersebut. Pertanyaannya, mas Iwan bisa memberikan contoh pertanyaan FGD terkait dengan judul penelitian saya?
Sebagai info, pertanyaan penelitian saya:
1. Bagaiamana posisi ilustrasi dalam rubrik opini Kompas?
2. Bagaimana relasi makna antara teks visual dengan teks verbal dalam rubrik Opini Kompas?
sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih :)
Mas iwan … mohon izin saya kutip ya tulisannya untuk keperluan FGD (sekali lagi) di *RI Banjarmasin :D , btw smoga kita bisa bekerja sama lagi di lain kegiatan ya mas, thx
Mas Iwan bisa dibantu untuk melaksanakan FGD ini, saya sedang butuh research dalam proses pembuatan produk konsumen baru yaitu mie instant
@ Noval Sufriyanto: Melihat pertanyaan penelitiannya, sebaiknya pertanyaan FGD dibuat sesederhana mungkin namun dapat menggali banyak informasi dari peserta FDG. Dimulai dari pendapat dan kesan yg muncul dr gambar2 di Kompas tersebut, dst sampai mengerucut ke pertanyaan inti.
@ Mas Dani: Monggo Mas..Sukses untuk FGD RRI di Banjarmasin. Siap, senang bekerja dg Mas Dani.
@ Ario: Ok. Dengan senang hati, silakan japri saja lewat email saya atau share lwt comments di blog ini..:)
apa judul buku irwanto, thanks bantuannya
Saya baru sekali mengikuti FGD terkait kerukunan umat beragam, krn saya sebagai sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Surabaya, dan sangat bangus untuk mengembangkan wawasan, skrg sedang membuat FGD untuk Muhammadiyah.Trim, atas artikelnya smg bermanfaat
Sama2. terima kasih kunjungannya..Memang FGD bisa diterapkan untuk banyak bidang kajian.
Terima kasih banyak Mas / Pak,, artikel yang sangat bagus dan dapat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah,,,
Oke..thx. Senang jika membantu. Salam.
semoga saya bisa menyelenggarakan FDG dalam kajian pariwisata..
Good luck Pak Agus :)
Artikel yang sangat menarik Pak Iwan, terimakasih sudah berbagi :)
Salam Hangat dari Anak Jogja
Maturnuwun, Mas. Mugi Jogja tansah istimewa :)
Terimakasih sangat bermanfaat untuk kami yang akan mengadakan Fgd. meski di tingkat desa
bagus sekali pak artikelnya. Sangat membantu skali dan bisa diterapkan di lingkungan kerja saya. menunggu tulisan bapak yang lain :)
sangat komprehensif…………mohon ijin Reblog
Silakan Bung Indra. Tlg diberi sumber: nama penulis, link asli dan link aktif dari blog ini. Salam.
Reblogged this on Tentang Gender and commented:
Salah satu teknik untuk pengumpulan data dalam penelitian adalah FGD, tulisan ini bisa menjadi salah satu referensi tentang bagaimana FGD dilakukan.
Ass mas Iwan,
Terima kasih tulisannya. Amat membantu penelitian magister sy.. Mohon ijin utk share ke peers groups.
Wassalam.
Waswrwb. Sila Bu drg Dessy :)…
kalau igunakan untuk judul skripsi bahasa indonesia bisa gak ya?
Maksudnya bgmn? FGD sudah lazim dipakai untuk judul skripsi di Indonesia kok.
Assalamualaikum wr.wb….Pak Iwan…terimakasih banyak , sangat bermanfaat. tetapi karena saya pertama kali menggunakan FGD atas saran sponsor, saya masih bingung bagaimana analisanya….
mohon pencerahannya…..terimakasih
hmmmmmm, makasih ya pakkkk…..bagus bangetsss info nyaa, smoga bisa diterapkan :)
tehnik FGD ini baik sekali bila digunakan dalam rangka membuat kebijakan agar hasilnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. terimakasih imfonya, semoga sukses selalu.
mohon izin utk.copy tulisannya mas, utk.tambahan wawasan seputar FGD, Mksh
Salam Kenal Pak Iwan saya ingi sekali FGD ini saya pake untuk penelitian Tesis saya (Magister Keperawatan UNPAD), dengan Tema Efektifitas FGD untuk meningkatkan kualitas hidup dan menurunkan Depresi pada lansia, Mohon infonya rancangan awal apa yang harus saya buat? apakah tema saya ini bisa di aplikasikan ya?
kalau kelemahan dan kelebihan dari FGD ini sendiri apa ya???
Saya mengikuti proses rekrutmen di salah satu perusahaan bumn, yg testnya mencakup FGD. persiapan apa yg mesti saya lakukan? saya masih bingung dgn FGD ini. Terimakasih pak:)
Referensi yg sangat bagus mas ,, mohon ijin utk sy pelajari sbg masukan skripsi sy ttg dampak pembangunan kepariwisataan di karimunjawa ..
pak kalau boleh tahu ada tidak buku yang membahas khusus atau terkait FGD kebetulan saya mencarinya
makasih pak…. informasi ini bisa dijadikan tambahan referensi saya menyelengarakan FGD di pesantren…
thanks abis.. cukup membantu. Dulu d kuliah hnya dengar aja istilah tsb. Skrg lbh tahu dalamnya
terima kasih bapak, artikelnya sangat membantu, saya ingin mengajukan pertanyaan pak, saya sedang mengerjakan tugas akhir dan kebingungan mengenai metodenya, pertanyaan penelitiannya berupa bagaimana respon masyarakat terhadap program penanganan permukiman oleh jokowi, nah apakah bisa metodenya hanya menggunakan fgd saja atau perlu dibantu dengan metode lainnya? terima kasih sebelumnya
selamat siang pak, senang membaca tulisan di blog bapak ttg FGD karena kebetulan saya menggunakan FGD dalam penelitian skripsi dan saya cukup kesulitan menemukan buku metpend kulitatif yg membahas FGD. jika saya ingin membeli buku bapak, apakah di jual di gramedia, toko buku lain atau dimana? terima kasih bapak, mohon di balas :)
Reblogged this on Galih N D and commented:
FGD
Ass. Wr. Wb…. selamat kenal pak Iwan…terima kasih banyak atas tulisannya bisa menambah wawasan dan gambaran saya dalam pelaksanaan FGD, untuk menambah referensi bisa saya cari di gramedia ngak. Wass
rujukannya keren
Selamat pagi, apakah FGD berfungsi untuk menilai selera pasar terhadap sebuah produk yang akan di tawarkan kepada masyarakat (calon customers) ?
waaw…..komplit infonya…….di saat saya perlu mengetahui tentang FGD sy dpt semua info. Pak mau tanya kalo FGD di lakukan di dunia retail fashion muslim, kira2 pertanyaan apa saja yg bisa di gali….thks pak, sukses selalu
Saya mengikuti proses rekrutmen Jenjang karir di instansi saya bekerja, tanggal 21 Maret 2015 besok akan diadakan FGD (LGD) persiapan apa yg mesti saya lakukan Pak Iwan? sementara materi/tema FGD tidak diberitahukan . Terimakasih banyak dan saya tunggu informasinya:)
Tolong penjelasan teknis riilnya pak
Mas……sebenarnya singkatan FGD itu “Focus Group Discussion” atau ” Forum Group Discussion”???
trims pa artikelnya, saya berencana mmengadakan FGD tentang usaha koperasi, kira-kira bentuk materinya seperti apa ya?
Artikel yang sangat bermanfaat. Terima kasih Pak Iwan..
Selmt pagi Bpk.. Trima kasih untuk ilmu nya yg sangat membantu dan memberi pencerahan ttg FGD.. Sy akan melakukan diskusi untuk 3 -4 org informan dari jabtan fungsional terkait yang berbeda ttg sebuah masalh kesehatan.. Yg ingin saya tanyakan bagaimana dengan rancangan format yang tepat untuk FGD ini..apakah dibuat dalam satu form general yang selanjutnya di bagi bagi atw dibuat form panduan diskusi yg berbeda untuk masing masing peserta.. Selanjutnya terkait Inform concent..apakah dibuat perorang ataukan dlm satu form yang ditanda tangani bersama, mohon bpk mensharekan contoh form panduan dan contoh form ICF nya..terima kasih bpk.. Salam hormat Martin
Terimakasih atas pencerahannya, penjelasannya sangat runut dan lengkap sehingga mudah di pahami. sekali lagi terimakasi Bapak.
Terima kasih kunjungan dan apresiasinya Pak Maadani.
hal ini menambah pengetahuan saya
Thanks buat Bapak Iwan, Tulisannya kereen,dan membantuku aku bisa mengerti apa itu FGD, aku kerja di LSM< aku rencana mau adain FGD tingkat desa mengangkat 1 issue yang harus di diskusikan beberapa kelompok masyarakat, Trims!
Sip. Sama2. senang bisa bermanfaat, Thx kunjungan dan komentarnya, Mega.
lengkap sekali pak… terima kasih pak iwan.. artikel ini sangat membantu.. kalau boleh tahu judul buku bapak tentang FGD ini apa ya pak? dan saya bisa mendapatkannya dimana? trima kasih..
Bapak mohon bantuannya
Kalau ‘namun ada juga yang menyarankan jumlah peserta FGD lebih kecil, yaitu 4-7 orang (Koentjoro, 2005: 7)”
Referensi lengkapnya boleh di bagi Pak untuk saya?
Terimakasih
Halo mas Iwan…. Nih adik kelasmu ketika SMA dulu. Makasih tulisannya ya. Mohon ijin tak pakai buat ngisi pendampingan masyarakat perdesaan di Bapermas Kab. Banyumas. Sukses selaku ya mas Iwan…
terima kasih bnyak pak..sangat membantu dalam penulisan tesis saya..
maaf pak, klu bpk tdk berkeberatan mohon izin utk diskusi pak … saya buat riset tentang hallyu\ budaya pop korea pada komunitas korean lovers dan akan menggunakan FGD..
1) Dlm FGD minimal brpa grup yg akan di ambil ?
2) seandainya informasi dri informan FGD ini tidak cukup, apakah sy perlu membuat in-depht interview ?
3)masing2 grup ktika kta ingin memulai diskusi perlu dibuat secara terpisah/ bersmaan pada FGD ?
Sekali lagi terima kasih bnyk pak..
Mantap… lanjutkan
Assalamualaikum pak Iwan, saya sangat terbantu dengan tulisan bapak. Kalau boleh tanya, dimana sy bisa membeli buku bapak?. Saya sedang menyusun thesis dengan judul Balanced Scorecard di Perusahaan Media Cetak. Hasil dari rancangan BSC(Balanced Scorecard) akan sy bawa kembali ke tempat penelitian guna melakukan FGD terkait rancangan BSC yang sy buat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan feedback dari pihak perusahaan terkait perancangan BSC yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Apakah hal tersebut masih tepat dikatakan FGD? Mohon bimbingan bapak dan informasi terkait buku bapak. Terima Kasih
Wassalam
Hormat Saya
Giri Pratama Ilyas
Mahasiswa S2 Akuntansi UNAIR, SURABAYA.
email : giri.pratama14@gmail.com
Salam kenal pak Iwan
Terima kasih untuk artikelnya yang boleh meberikan penjelasan yang lengkap tentang FGD. Mohon ijin untuk saya jadikan referensi untuk penelitian kami.
Salam,
Daisy Sundah
Terima kasih artikelnya hehe
Salam kenal pak Iwan,
Saya akan melakukan penelitian tentang implementasi kebijakan publik. Saya berencana pada salah satu teknik pengumpulan data menggunakan FGD. Ada dua kelompok FGD. Merujuk pada beberapa artikel, peserta FGD adalah orang-orang yang tidak saling mengenal satu dengan yang lain. Tetapi pada satu kelompok FGD saya membutuhkan masukan/pendapat dari staf yang berasal dari satu unit kerja. Sementara satu kelompok lainnya berasal dari beberapa unit kerja, tetapi saya menduga mereka mengenal satu dengan yang lain. Menurut Bapak, apakah teknik FGD dapat saya gunakan untuk penelitian saya?
Saya akan sangat berterimakasih, bila Bapak berkenan menjawab melalui alamat e-mail saya., karena lebih mudah memantau bila Bapak berkenan menjawab pertanyaan saya.
Terimakasih.
semoga manfaat, terima kasih
informasi ini sangat bermanfaat.
Tks untuk tulisan yang singkat, padat dan jelas tentang FGD ini pak.Saya pegiat komunitas dan sangat terbantu dengan informasi ini. Salam.
Terima kasih atas informasinya. Jangan lupa kunjungi blog saya di https://adzinhanif.wordpress.com/ dan https://ppns.ac.id/
Selamat pagi bapak, salam kenal, sy peserta PPGD pada universita Hamzanwadi NTB. Terimakasih informasi yang sangat bermanfaat bagi saya pagi ini bisa membaca di blok ini. karena saya membutuhkan deskripsi tentang apa itu FGD dan bagaimana membuat FGD sebagai salah satu metode pengumpulan data dalam PTK yang sedang saya laksanakan. Terimakasih