“Tafsir” Foto Profil Pecandu Facebook

Iwan Awaluddin Yusuf[1]

Jika sebelumnya Bincangmedia menampilkan “tafsir” berbagai bentuk STATUS pengguna Facebook, kali ini saya akan mencoba menafsirkan arti FOTO PROFIL yang ditampilkan para Facebooker sebagai bagian dari ekses fenomena kecanduaan media sosial. Bagi yang merasa memiliki satu atau beberapa kesamaan dalam kategori ini, jangan ge-er atau tersinggung ya karena sedang diomongin hehe…

Nah ini kategorinya:

1. Foto Ababil a.k.a Abege Labil a.k.a Alay

Fotonya diambil sendiri dari angle atas dengan ekspresi standar: bibir mecucu, mata melirik ke atas. Ekspresi lain: muka sok centil dengan lidah ditekuk keluar disertai mata kiri kedip genit. Variasi lainnya, motret diri sendiri di depan cermin pakai kamera HP. Biasanya para ABG yang suka menampilkan jenis foto ini. Jika Anda merasa bukan ABG, tapi masih suka menampilkan foto beginian, saatnya ingat umur!

2. Foto-Shop

Ini bukan nama software olah digital atau program editing gambar, tapi jenis foto Facebooker yang hobinya jualan barang lewat FB. Kl yang dijual baju batik ya foto profilnya baju batik (masak pajang foto termos hehe). Jika komoditas jualannya HP/laptop, foto profilnya tak jauh dari gambar-gambar barang elektronik, khususnya HP/laptop tipe high end dengan tulisan “Shap Shop Bla Bla”, “Embuh Elektronik”, dsb.

3. Foto “I Was Here”

Biasanya tipe ini menampilkan foto Facebooker dengan backgound Landmark kota atau objek populer tertentu. Jika orangnya banyak duit dan suka plesir ke luar negeri, yang ditampilkan foto background Menara Eiffel, Patung Singa Merlin di Singapur,  atau Sidney Opera House. Sementara itu, kalau budget jalan-jalannya pas-pasan ya latar belakangnya Merapi, Pura di Bali, Pantai-pantai lokal, atau cukup Tugu Jogja hehe…

4. Foto Editan

Boleh dibilang foto jenis ini adalah foto Facebooker yang “kurang PD” atau ingin “menipu publik”.. Menyulap wajah alaminya yang jujur dan apa adanya diedit menjadi sangat mulus dan bebas jerawat. Atau yang aslinya agak gemukan jadi mendadak langsing lengkap dengan muka tirusnya.

5. Foto Bawa Properti Andalan

Facebooker menampilkan jenis foto ini untuk memenuhi hasrat pamer atau paling tidak menunjukkan kebanggaan yang begitu besar dengan barang kesayangnnya. Yang baru beli kamera DSLR tiba-tiba tampil menenteng kamera, lengkap dengan lensa telenya. Yang sukses membeli motor gede/moto sporty dengan bangga foto berpose naik motornya. Yang abis beli IPAD menampilan foto sedang browsing dengan IPAD baru.Yang abis kredit Jazz, foto di samping Jazznya..Tak selalu yang barang-barang mahal dan mewah, kadang yang diajak foto adalah vespa butut kesayangan atau action figure hasil menang lelang hehe…:p

6. Foto Nebeng Properti Orang

Kebalikan dari jenis foto di atas, Facebooker jenis ini menampilkan foto dirinya dengan barang milik orang lain. Alasanya disamping pengen beli tapi belum kebeli, bisa jadi karena ia sangat mengagumi dan kebetulan dapet kesempatan foto bersama. Contohnya foto di samping Harley Davidson orang atau foto dekat mobil sport di parkiran mall.

7. Foto “Kami Makan Bersama”

Foto ini menampilkan Facebooker sedang heboh makan bersama dengan teman-temannya. Fotonya diambil pas reunian, buka bersama, atau sekadar makan siang bareng. Di depan mereka terhampar makanan dan minuman di atas meja. (Padahal banyak saudara-saudara di Somalia yang belum makan 3 hari).

8. Foto Keluarga

Ini tipe Facebooker yang sayang atau sedang kangen dengan keluarga. Yang dipajang sebagai foto profil adalah foto bersama waktu lebaran atau foto keluarga di studio beberapa tahun lalu. Jika yang dipajang adalah foto keluarga kecilnya (istri/suami+anak) fotonya ingin menyimbolkan keluarga bahagia sesuai anjuran pemerintah: Dua Anak Cukup!

9. Foto Bareng Pacar

Yang menampilkan foto ini biasanya baru jadian. Kadang foto seperti ini juga menegaskan: “gw udah punya pacar!” (baca: gw udah laku!). Pada tahap yang lebih parah, foto jenis ini kadang menampilan public display of affection (PDA or PDOA=the physical demonstration of affection) alias di mesra-mesraan di muka umum. Hati-hati…bisa digrebeg karena masuk kategori pornoaksi!

10. Foto Box

Foto jenis ini biasanya diambil di mall bersama pacar atau teman dekat. Karena ruangan/gerai boxnya sempit, jadinya semua orang dipaksakan masuk semua dalam frame.  Walhasil kepalanya terlihat gede-gede dan berjejal-jejalan.

11. Foto Anak

Bisanya keluarga yang baru punya momongan atau ibu yang baru melahirkan senang sekali menjadikan foto juniornya sebagai foto profilnya. Yang pasti semua orangtua menganggap anaknya paling cakep sedunia. Kadang tampil foto seorang bapak baru menggendong anak bayinya, meski gayanya agak kaku..hehe.

12. Foto Masa Kecil/Masa Muda

Orang yang suka menampilkan foto masa lalunya termasuk jenis manusia nostalgila karena menampilkan citra identitas dirinya di masa lalu. Bapak-bapak yang sudah ubanan memasang foto jadulnya waktu masih kuliah dengan foto gondrong hitam putihnya. ABG memasang foto imutnya waktu masih balita. Biar dikira tetep imut kali ya meski aslinya sudah amit-amit.

13. Foto Artis Idola

Sering lihat foto profil FB gambarnya artis korea atau artis Holiwud? Pasti pemilik akunnya penggemar selebritis itu. Semacam fans atau grupees lah.  Karena tidak pede dengan fotonya yang pasti kalah cakep dengan artis idolanya, maka yang diupload adalah foto-foto sang artis.

14. Foto Bersama Artis/Tokoh

Kalau ini foto kebanggaan karena berhasil mejeng dengan tokoh/artis yang dikaguminya. Seolah dunia harus tahu foto itu. Padahal cuma ambil gambar sebentar doang. Artisnya juga sudah lupa siapa dia hehe…

15. Foto Pemandangan

Awalnya kita berpikiran ini adalah orang yang sangat mengagumi ciptaan Tuhan, betapa indah ciptaanNya. Lama-lama kita jadi paham, ternyata dia pakai foto pemandangan karena tidak pede/tidak enak mau pakai foto orang lain disangka akun palsu.

16. Foto/Gambar Kartun

Awalnya kita berpikiran ini adalah orang yang sangat mengagumi karakter tokoh kartun atau penggemar film/komiknya. Lama-lama kita jadi paham, ternyata dia pakai foto/ gambar kartun karena tidak pede/tidak enak mau pakai foto orang lain disangka akun palsu.

17. Foto Wisuda/Foto Pernikahan

Sangat wajar jika ada moment-moment spesial seseorang menampilkan foto istimewanya di FB, apalagi wisuda dan pernikahan adalah moment sakral. Tapi jika dari tahun ke tahun, yang dipajang fotonya cuma foto wisuda atau foto nikahannya yang itu-itu saja kayaknya hidupnya monoton sekali ya…

18. Foto Logo/Banner

“Dukung A, bebaskan dari hukuman ”, “I Love Indonesia”, “Sehari tanpa TV”, begitu antara lain bunyi gambar profil jenis foto ini..biasanya diupload pada moment-moment atau event tertentu. Orangnya biasanya aktivis sosial atau sukarelawan. Tapiiii…kadang-kadang beberapa orang jenis ini energinya berlebih dan agak kurang kerjaan..(Piss.. just for fun hehe)..

19. Foto Ehmm…Part 1

Foto ini menampilkan seorang laki-laki dengan gaya dan tatapan mata khas, kadang baju atasnya dibuka, memperlihatkan foto body dan perut sixpacknya hasil ngegym berbulan-bulan..(selanjutnya silakan diteruskan sendiri). Pokoknya kalau saya direquest orang foto seperti ini biasanya langsung tidak sy confirm haha..

20. Foto Ehmm…Part 2

Foto ini menampilkan seorang perempuan dengan gaya dan tatapan mata khas, kadang baju atas/bawahnyanya sedikit kekurangan bahan, memperlihatkan bagian-bagian yang agak menonjol…(selanjutnya silakan diteruskan sendiri). Pokoknya kalau saya direquest foto seperti ini, biasanya dilihat-lihat dulu apakah perlu diconfirm atau tidak haha..just kidding.

21. Foto Formal

Ini foto diri sendiri sendiri..tipe orang yang serius biasanya menampilkan gaya formal, entah itu pasfoto 3 x4 atau foto pakai baju dinas di kantor. Beberapa orang sepertinya bangga sekali dengan pakaian jas atau baju “non-sipilnya”.

22. Foto Sendiri (Dari Santai Sampai Ancur)

Ini juga foto diri sendiri, biasanya bergaya santai sesantai di pantai. Pokoknya free style. Yang pasti biasanya orang jenis ini cenderung percaya diri dan sering bergonta ganti foto profilnya. Ada juga yang bergaya bebas sebebas bebasnya dan tak kenal jaim. Pokoknya all out. Kadang muka jeleknya sengaja ditampilkan sedemikian rupa, mukanya sengaja ditekuk-tekuk biar terlihat lucu, foto bangun tidur juga oke. Yang pasti, biasanya orang jenis ini cenderung over percaya diri dan sangat sangat ekpresif (Serta tak tahu malu).

23. Foto Pesta/Kondangan

Jarang berdandan, sekali dandan menghadiri acara mantenan mendadak jadi senang banget difoto. Setelah difoto, langsung diupload. Sendiri atau ramai-ramai tak jadi soal, yang penting kostum batik barunya atau busana andalan bisa tampil di FB.

24. Fotonya Ngga Pernah Diganti

Fotonya diganti setahun sekali setiap malam 1 suro. Ada tiga kemungkinan orang yang tidak pernah ganti foto profil FBnya. Pertama, orang seperti ini tidak begitu peduli dan sangat jarang membuka dan update Facebooknya. Kedua, orang ini merasa fotonya itu yang terbaik tiada banding dengan foto dia yang lain. Ketiga, Dia tidak punya stok foto lain. Kasiiian.

25. Busyet dah dibaca sampai selesai? Alamaaak kurang kerjaan sekali Anda ini..saya aja yang menulis ini merasa sangat-sangat kurang kerjaan..hehe…


[1] Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia, peneliti di Pusat Kajian Media dan Budaya Populer (PKMBP) Yogyakarta dan Pemantau Regulasi dan Yegulator Media (PR2MEDIA) Yogyakarta.

2 thoughts on ““Tafsir” Foto Profil Pecandu Facebook

  1. hahahaaa awak da baca serius minta ampon,,,eh g twnya di akhir dy blg nulis krna kurang kerjaan…..hemmmmmmmmmmmm……………..tp seru ko……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s