Tips Jitu Cepat Selesai Skripsi ala Bincangmedia

Iwan Awaluddin Yusuf

Boleh dikatakan, kategori pengunjung terbesar blog BINCANGMEDIA adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis. Kali ini sebagai bentuk apresiasi, sengaja saya menampilkan kiat-kiat ringan dalam menyelesaikan skripsi dengan cepat dan bebas galau.

Tips ini merupakan kuliah twitter (kultwit) saya di Twitter @IwanAwaluddin. Jika pembaca blog ini ingin berjejaring dengan saya, silakan difollow. Baiklah, kita mulai tipsnya:

  1. “Buat apa mikir skripsi, #skripsi sj tidak pernah mikirin kita”. Betul! karena skripsi tidak untuk dipikirkan saja, tapi dikerjakan.
  2. Memikirkan #skripsi dg mengerjakan skripsi itu sama. Menyita energi dan pikiran. Jadi kenapa tidak pilih mengerjakan saja?
  3. Percayalah, pada akhirnya #Skripsi yang paling baik adalah skripsi yang SELESAI.
  4. Biang kerok macet #skripsi adalah: mahasiswa jrg konsultasi, dosen susah ditemui, objek sulit diteliti, narasumber enggan diwawancarai.
  5. Pembimbing #skripsi yang baik membuat jadwal konsultasi, mahasiswa yg baik paham kapan harus berkonsultasi.
  6. Dosen itu umumnya sibuk, jd bimbingan #skripsi jgn ikut-ikutan sibuk sendiri, nanti dua2nya tidak pernah nyambung frekuensi.
  7.  #Skripsi itu sulitnya setengah mati, tp akan terasa lebih ringan jika dikerjakan sepenuh hati | Apalagi disupport pujaan hati :)
  8. Kunci cepat lulus #skripsi adalah mengerjakan dengan tekun, bukan pergi ke dukun | Apalagi kabur ke Eyang Subur.
  9. Pejuang #skripsi itu harus banyak referensi, rajin-rajinlah ke perpus atau diskusi, jgn suka M(ENG)URUNG diri saat mengerjakan skripsi.
  10.  Janganlh berpikir #skripsi itu mmbebani,tp berpikirlah skripsi itu misi suci utk mnylesaikan studi | trus jd modal cr suami/istri *aseek
  11. Jgn sekali-kali terpikir mengambil jalan pintas dg menjiplak #skripsi karena itu melapetaka terpendam yg sgt berbahaya di kemudian hari.
  12. Sekali lagi, berbagai upaya menjiplak #skripsi = menjual reputasi dan harga diri. #sikap
  13.  #Skripsi dicorat-coret atau direvisi itu seni sekaligus sensasi,jd tdk perlu brkecil hati | *Aplagi dendam pd dosennya. Ada itu..adaa ;p
  14. Jika #pejuangskripsi tahu cara berkawan dg #skripsi, skripsi itu sekrispi/secrispy (serenyah) camilan. jd tdk perlu ngomel-ngomel skripsi itu skrips**t :D. Tapi Skripsweet :D
  15. Sayangilah #skripsi bagai cinta sejati krn itu terjadi cukup sekali | Kl sdh lulus tdk perlu membuat skripsi lg (Kecuali maniak skripsi;p)
  16. Mengelola waktu, menambah kegigihan, dan mengurangi distractor, terbukti mempercepat penyelesaian #skripsi.
  17. Setidaknya ada 4 tipe mahasiswa yg sedang mengerjakan #skripsi. Anda termasuk #pejuang skripsi tipe mana?
  18. A. Punya waktu tapi tidak punya kegigihan mengerjakan #skripsi. Biasanya kebanyakan jalan, ngetweet, FBan, nonton, ngegame, dsb.Ada.
  19. B. Punya kegigihan tp tidak punya waktu mngerjakan #skripsi. Mhs yg nyambi kerja atau ngurus orangtua boleh masuk kategori ini. Syaratnya keingat skripsi terus.
  20. C. Tidak punya waktu dan tidak punya kegigihan. ini tipe mahasiswa paling buruk. Bayar SKS untuk #skripsi, tp tdk ada progress. tahu2 dpt surat peringatan. Ada..
  21. D. Punya waktu dan punya kegigihan. Ini tipe yg paling oke. Jika bs mengondisikan ke dalam tipe ini, mahasiswa tdk bakal awet pacaran dg #skripsi.
  22. Kesimpulannya, cepat tidaknya penyelesain #skripsi, bagus tidaknya nilai akhir skripsi, berbanding lurus dg kegigihan mahasiswa.

Demikian tipsnya semoga membantu para pejuang skripsi untuk bebas dari kepo dan galau…Sekian.[@IwanAwaluddin]

______________________________________________________________________________

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia, peneliti di Pusat Kajian Media dan Budaya Populer (PKMBP) dan Pemantau Regulasi dan Regulator Media (PR2MEDIA)Yogyakarta.

8 thoughts on “Tips Jitu Cepat Selesai Skripsi ala Bincangmedia

  1. saya mengalami yang nomer 4, topik yang saya pilih sulit dicari referensinya. hingga pengerjaan proposal sampe 5 bulan :(, bukan suatu kebanggan tentunya.

  2. saya termasuk tipe yg B bagaimana cara mengatasinya saya punya niatan yg kuat dn keinginan untuk mengerjakan skripsi di pikiran saya cuma skripsi tp kenapa tangan dan otak saya enggan untuk mengerjakannya, sulit bgt buat mengerjakan krn sering bantu ortu dan ada kerjaan jd klo ada wkt luang pengenx ngerjakan tp g tw knp kok enggan buka skripsi :'( tolong bagaimana solusinya makasi

  3. Kalau saya tipe yang mana juga bingung
    Saya ini gigih ngerjekan
    Tapi dosennya terlalu sibuk
    Antar berkas hari kamis
    Baru bisa diambil kamis kemudian bahkan hampir 2 mgu
    Setiap hari kekampus untuk menanyakan konsulan tapi sayangnya dosen selalu saja sibuk kadang keluar kota kadang sakit
    Jadi bagaimana triknya mohon saran
    Saya capek debat sama keluarga trus
    Usaha saya dikatakan kurang maksimal
    Apakah saya kurang berusaha
    Apakah salah saya kalau keadaan nya seperti ini
    Saya baru s1 tapi dosen berharap skripsi saya seperti s2 sehingga biarpun saya rajin tapi hampir 2 th baru di tahap transkip dan matriks.

Leave a Reply

