Tentang Penulis “Bincang Media”

Catatan kecil Iwan Awaluddin Yusuf tentang kehidupan bermedia di Indonesia

(…Juga catatan-catatan kecil lainnya tentang kehidupan…)

______________________________________________________________

Salam,

Selamat datang di “Bincang Media”…

Mari berbincang tentang media…

profil twitter

Iwan Awaluddin Yusuf–penulis blog ini–adalah  dosen, penulis, peneliti di bidang komunikasi dan media.

Menyelesaikan pendidikan sarjana di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada – Yogyakarta dan meraih gelar master pada bidang ilmu yang sama dari Universitas Indonesia – Jakarta. Pernah mendapatkan pendidikan jurnalistik melalui pemagangan, training, dan workshop di berbagai lembaga, antara lain Suara Merdeka (1994-1997), PT Indosiar Visual Mandiri (2003), dan LP3Y (2004).  Saat ini ia tinggal di Yogyakarta.

Sebagai…Selain itu…

Sebagai dosen, ia mengajar tetap pada Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Selain itu, ia juga sering ngamen sebagai trainer, “seminaris” (=pembicara seminar-istilahnya pak Amien Rais), fasilitator, konsultan, narasumber, termasuk dosen luar biasa di Prodi Komunikasi UIN Sunan Kalijaga-Yogyakarta dan Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta.

Sebagai penulis, ia telah menulis lebih dari 25 judul buku (yang ditulis sendiri maupun keroyokan). Selain itu, ratusan artikelnya telah dimuat di berbagai jurnal dan media massa populer (dan tidak begitu populer).

Sebagai peneliti, ia menjadi peneliti di Pusat Kajian Media dan Budaya Populer (PKMBP) – Yogyakarta dan lembaga Pemantau Regulasi dan Regulator Media (PR2MEDIA).  Selain itu, setiap hari ia rajin meneliti blog, Twitter, dan Facebooknya sendiri (???)

____________________________________________________________________

Jika diperlukan mengutip tulisan atau mengambil artikel dalam blog ini,  silakan dikutip dengan menyebutkan sumbernya (Yusuf, Iwan Awaluddin. “Judul Artikel”.  https://bincangmedia.wordpress.com+URLnya, Tanggal akses), atau sesuai dengan etika dan tata cara pengutipan yang berlaku. :)

NB: Mohon maaf, tidak melayani permintaan/pertanyaan daftar pustaka. Silakan ditulis sebagai sumber sekunder dari blog saya, misalnya Fulan (dalam Yusuf, Iwan Awaluddin. “Judul Artikel”. https://bincangmedia.wordpress.com +URLnya. Tanggal akses).

Terima Kasih Kunjungannya…

Semoga Bermanfaat…

Jika ingin berkomunikasi dengan penulis, silakan tinggalkan pesan di blog ini. Salam :)

67 thoughts on “Tentang Penulis “Bincang Media”

  1. Bung Iwan,

    Terima kasih sudah mampir ke blog MAPTB. Melihat tulisan2 di blog ini, kami ingin mengundang Anda untuk menuliskan artikel serupa untuk kami. Artikel lama Anda yang dirasa masih relevan dan perlu dibaca lebih banyak orang, silahkan kirimkan pada kami. Artikel baru pun, akan kami tunggu.

    Kalau Anda bergabung di milis MAPTB, tentu akan lebih baik, karena bisa mendiskusikannya lebih mendalam besama teman-teman yang ada.

    Terima kasih.

    Salam,
    MAPTB

  2. Salam kenal juga untuk teman-teman di MAPTB.

    Insya Allah nanti akan saya kirimkan beberapa artikel saya tantang literasi media yang satu gagasan dengan isi blog teman2 MAPTB.

    Oya, alamat milisnya apa ya? silakan ditulis di sini biar teman2 yang lain bisa gabung juga.

    Thx.

  3. Wildan :

    Blognya membantu studi tentang media…semoga tulisannya semakin banyak.

    Thx. semoga bermanfaat. InsyaAllah terus diupdate..(kl tidak sibuk hehe)

    Raditya :

    Nyasar browsing ketemu blog ini…artikelnya maknyus. Tulisan khas akademisi…

    Salam.
    Radit.

    Salam kenal juga Mas Radit..Welcome to Bincang Media..Mari berbincang tentang media…

  4. Bro Iwan, plis tweet me ya, gwa kerja di Media (lifestyle media) di kota Medan. Suatu saat pasti butuh kontributor yang mantap seperti Bro Iwan. thanks ya… find me at twit ya Bro..

  5. Tulisan2 di blognya khusus tentang media ini menurut saya menarik dan bermanfaat jika dibukukan…
    Terus menulis dan berkarya..!

  6. Saya mau tanya nih bang iwan…

    Apa sih pengertian dari MEDIA CETAK GRATIS khususnya MAJALAH GRATIS itu?
    Saya sudah cari-cari kemana-mana tapi belum dapet juga pengertiannya apa…
    Tolong dibantu yah bang… Saya butuh banget untuk skripsi saya…
    Terimakasih sebelumnya…

  7. Mas Naga: Oke Bro…
    Mas Fathan: Terimakasih kunjungan dan apresiasinya..sukses juga buat Anda!
    Bung Lanang:
    Majalah gratis menurut saya adalah majalah yang tidak berlabel/diberi harga jual karena dua alasan: PERTAMA, karena harga sudah dibayar/disubsidi penuh oleh pembuat pesannya. Dalam kajian menajemen media, disebut penerbitan dengan paradigma misionaris/propaganda. Ciri-cirinya: (1) Manajemen media menaruh perhatian pada misi tertentu
    (2) Orientasi pesan top down, (3) merefleksikan gagasan atau kepentingan komunikator, (4) Pada umumnya nonkomersial, (4) Biaya organisasi diperoleh dari organisasi dan kelompok kepentingan tertentu, (5) Implikasi: munculnya general opinion akibat pemberitaan yang seragam. Biasanya berbentuk majalah HUMAS, buletin jumat, majalah kedutaan, dsb.
    KEDUA, Majalah gratis karena biaya produksinya disubsidi penuh oleh pengiklan. Sebutlah majalah2 yang isinya lebih mirip katalog iklan..Atau yang lebih bagus misalnya Majalah 69+ atau majalah perusahaan penerbangan seperti Majalah Garuda Indonesia.
    Semoga membantu.

  8. Maaf Pak Iwan..kemarin sy kirim email ke Bapak…Apakah sudah dibaca?Mhn dijawab segera. Terima kasih sebelumnya.
    (herlin)

  9. kunjungan pertama, n langsung nemu apa yg saya butuhkan.. sip! tapi kalau saya buth banyak dskusi, semoga mas iwan nggak keberatan balas email2 saya.. makasih.. ^_^

  10. Yudha: Terima kasih mas yudha. salam kenal.
    Salim: Salam kenal juga. terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.
    Icha: Dengan senang hati, tp ada kemungkinan tidak segera bs sy balas semata-mata karena kesibukan..:)

  11. lengkap bgt blog nyaa ^^ hhe..tp agak bingung jg sii..makanya langsung nanya ke author nya ajah deh..
    mas..mas!! punya contoh-contoh berita investigasi ga?

  12. salam kenal Mas Iwan. blog-nya bagus bener. bahkan sering jadi referensi buat diskusi dengan mahasiswa saya. saya dosen komunikasi di universitas Bengkulu. Mas, saya sangat butuh tentang artikel atau isue tentang simbolic community kaitannya dengan penggunaan facebook oleh anak. apa mas Iwan bisa bantu saya??, trus, kl tidak keberatan saya mhon dikirim alamat email mas iwan ya. maksiiihhhh yaaaa

  13. mas Iwan, saya saat sedang dalam proses meneliti mengenai koran kuning. rencananya sih dikaitkan dg isu feminis. mohon bisa share ilmunya ke saya yaa.. hehehe.. matur nuwun.

  14. Oh, maaf…Sy kira laki-laki seperti nama Leonidasnya raja Sparta (suaminya ratu Gorgo)..hehe..
    Oke Mbak Leon…jika kapan2 ingin diskusi soal koran kuning silakan tulis comment di blog ini..
    thx

  15. Pak, senang membaca artikel ringan di blog ini seperti postingan tafsir status facebok hehe..keep posting pak..salam blogger.

  16. Bismillah. Sekedar memberi saran pak, gunakan fasilitas di pengaturan sebelum memosting artikel, biar pengunjung bisa melihat ringkasan-ringkasan artikel di berandanya. Btw, blognya bagus. Teruskan berkarya pak.

  17. blogx cukup bagus dan menjadi salah satu bahan rujukan studi2 ilmu komunikasi bagi kami yang tinggal di Kawasan Timur Indonesia. sukse selalu pak

  18. @ pak Cipto Abi Yahya: Terimakasih sarannya Pak Cipto..maksudnya page break untuk header/lead ya? Kebetulan kl di WordPress fasilitas itu tergantung theme/templates yang kita pakai Pak…Nah, theme skeptical yang sedang sy gunakan tidak menyedeakan fasilitas itu..sayang sekali…

    • Pak Adang, hati-hati lho mencantumkan nomor telepon di internet…Takut ada fraud dg mengatasnamakan sy atau pihak lain. Sila jika ingin berkomunikasi langsung dengan saya via email seperi tercantum di atas. Jadi sy tidak akan memberikan nmr telpon lewat hp.
      ini email sy: iwan.awaluddin@gmail.com
      Thx dan salam kenal.

    • Terima kasih kunjungannya. Silakan berdiskusi di blog ini. untuk konsul skripsi secara khusus karena kesibukan saya di dunia nyata (termasuk membimbing skripsi mahasiswa di kampus) sepertinya agak susah melayani konsultasi online. mohon maaf ya.

  19. artikel artikelnya keren keren :D mohon ijin buat dijadiin referensi makalah tugas ya pak. pastinya saya tulis sumber kutipan dan daftar pustakanya :)
    pak iwan sekarang masih ngajar di MMTC gak? saya maba mmtc, salam kenal pak :)

    • Hai Mala…Boleh-boleh silakan digunakan sebagai tambahan referensi..Salam kenal juga..terakhir saya mengajar Kelas MANARITA tahun 2010 lalu. Skrg ini lebih banyak ngajar di UII). Insya Allah nanti mudah-mudahan ada kesempatan lagi ngajar teman2 MMTC.

  20. Sejarah awal mulanya budaya superhero masuk ke Indonesia itu sejak kapan yah? mungkin ada yang tahu?? untuk bahan refrensi tugas akhir, terimkasih.

  21. Halo mas Iwan, salam kenal, saya Fryza dari TH!NGS Magazine. Ingin ngobrol-ngobrol soal pertemuan mas Iwan dengan pak Hasmi :) apakah ada email mas Iwan agar bisa ngobrol lebih lanjut?

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s